Artikel Narasi: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Analisis

Artikel narasi sebuah artikel yang mengalir, tidak seresmi artikel jurnal. Namun, meskipun mengalir seperti air, tetap berkomitmen pada kaidah kepenulisan artikel itu sendiri. Untuk lebih jelasnya. Di sini saya akan menjelaskan artikel narasi.

Baca Juga: Artikel Deskripsi: Pengertian, Jenis, Langkah, dan Analisis Contoh

A. Pengertian Artikel Narasi

Sebelum kita membahas "Pengertian Artikel Narasi" ada baiknya kita mengetahui dulu, apa itu artikel dan apa itu narasi? Artikel  adalah tulisan yang berisi pendapat, ide atau fakta yang mana kadang kala menghibur, mendidik ataupun mengkritisi yang disebar luaskan melalui media massa baik online maupun offline.[1]

Artikel merupakan suatu  karya tulis yang ditulis secara lengkap.[2]

1. Pengertian Artikel Menurut Para Ahli:

a) Sumandiria

Menurut Sumandiria, artikel adalah suatu karya tulis lepas berisikan sebuah opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh tentang masalah atau objek yang bersifat aktual dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, mempengaruhi, dan meyakinkan yang membaca.

b) Al-Aqli

Menurut Al-Aqli, artikel ialah suatu tulisan yang ditulis sama seseorang atau orang-orang yang disiplin ilmu dengan pembahasan yang ditulis secara lengkap, lugas, dan tuntas sehingga yang membaca dapat menemukan inti dari karangan yang ditulis.

Narasi adalah suatu bentuk pengembangan paragraf pada sebuah karangan atau karya tulis di mana di dalamnya menjelaskan tentang rangkaian peristiwa secara runut dari waktu ke waktu; mulai dari awal, tengah, hingga akhir. Dibuat untuk sebuah hiburan atau pengalaman yang baik untuk para pembaca.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa: artikel narasi adalah jenis artikel yang isinya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis (awal, tengah, dan akhir). Dalam artikel ini akan dipaparkan tentang suatu peristiwa dan peristiwa yang diatur dalam ukuran waktu dengan bantuan berbagai tokoh yang berhadapan dengan konflik. Secara sederhana, artikel narasi merupakan artikel yang komunikatif, tapi alurnya mengalir. Hampir mirip dengan esai, namun lebih banyak data daripada analisis.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel Jurnal Akademisi

Artikel Narasi

B. FUNGSI ARTIKEL NARASI

1. Sarana menyampaikan informasi kepada masyarakat pembaca secara terperinci, faktual dan dengan bahasa yang lebih santai serta mudah dipahami.

2. Mengantarkan masyarakat kepada pengetahuan yang mendalam tentang suatu hal, peristiwa, atau obyek yang diangkat dalam artikel narasi.

3. Membantu masyarakat mengenal lebih dekat tentang apa atau siapa yang diusung dalam artikel narasi.

4. Membantu penulis untuk berpikir secara sistematis, melatih penggunaan bahasa yang efektif dan teratur, serta melatih kecakapan bercerita.

5. Menjelaskan atau membahas suatu masalah tidak hanya sesuai bidang ilmu tertentu, tetapi juga sesuai kronologi suatu peristiwa.

6. Memberikan dampak akademis kepada penulis artikel.

Baca Juga: Artikel Persuasi: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Analisis

C. Jenis-Jenis Artikel Narasi

Berdasarkan bentuknya, artikel narasi dibedakan menjadi 4, yaitu:

1. Narasi Informatif

Artikel narasi yang berbentuk narasi informatif merupakan artikel yang menyampaikan informasi dari sebuah peristiwa secara tepat. Bentuk artikel narasi ini bertujuan untuk menambah dan memperluas wawasan pembaca mengenai peristiwa yang diulas.

2. Narasi Ekspositorik

Artikel narasi yang berbentuk narasi ekspositorik merupakan artikel yang menyajikan informasi secara informatif, logis & jelas, sesuai fakta, dan bersifat objektif. Bentuk ini hampir sama dengan bentuk narasi informatif, namun narasi ekspositorik ini biasanya menyajikan kisah hidup seseorang, atau yang biasa kita kenal dengan istilah biografi.

3. Narasi Artistik

Artikel narasi yang berbentuk narasi artistik merupakan artikel yang menyajikan sebuah informasi dari sebuah peristiwa dengan tujuan memberikan pesan atau amanat pada pembaca hingga seakan-akan pembaca menyaksikan peristiwa tersebut secara langsung.

4. Narasi Sugestif

Artikel narasi yang berbentuk narasi sugestif merupakan artikel yang menyampaikan informasi dengan tujuan memberikan sugesti dan persuasi atau bisa dikatakan bujukan dan ajakan kepada pembaca agar pembaca dapat terpengaruh untuk melakukan pengembangan diri.

D. Analisis Artikel Narasi

Secara sederhana, apa sih artikel narasi itu? Jadi, artikel narasi itu adalah artikel yang komunikatif, tapi alurnya mengalir. Hampir mirip dengan esai, namun lebih banyak data daripada analisis.

Atau seperti ini, misal kamu mau bikin nasi, Kamu harus tahu cara bikin nasi seperti apa? Kemudian teori padi jadi nasi itu dari mana, terus bikin tuh analisis. Ternyata menurut teori A dengan B berbeda pandangan tapi sama-sama bikin nasi. Dan rasanya juga berbeda. Nah, ketika sudah mengetahui kedua teori kamu bisa menganalisis bahwa yang bikin masakan nasi enak itu ada apanya dan dikasih apa. Nah, itu jadi pandangan penulis.

Baca Juga: Cara Optimasi SEO di Website atau Blog Lengkap

E. Kesimpulan

Artikel narasi, yaitu perpaduan antara ilmiah dan imajinasi yang dibentuk sebuah narasi. Artikel ini berbeda dengan artikel pada umumnya. Perbedaan ini terlihat dari struktur penyampaiannya, yaitu mengalir dengan gaya bahasa layaknya seseorang bercerita.

Penulis: Athalia Lady Ervinka, Erina Nur Miftaqul Jannah, Ika Marwah, Muhammad Farras Husen, Nafazzah, Ridwan Zamroni, Shofiyyah, dan Yoga Galih.

 

DAFTAR PUSTAKA

Pengertian Artikel. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-artikel/ (Diakses pada tanggal 06 Juni 2020 jam 23.00).

Pengertian Artikel. www.nesabamedia.com/pengertian-artikel/amp/ (Diakses pada tanggal 06 Juni 2020 jam 23.00).

Pengertian Narasi, Tujuan, Ciri-Ciri, Jenis Struktur Cara Penulisan dan Contoh. https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/09/pengertian-narasi-tujuan-ciri-ciri-jenis-struktur-unsur-cara-penulisan-contoh.html (Diakses pada tanggal 06 Juni 2020 jam 23.00).

Pengertian Narasi. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-narasi-adalah.html (Diakses pada tanggal 06 Juni 2020 jam 23.00).

Pengertian Narasi. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-artikel.html (Diakses pada tanggal 06 Juni 2020 jam 23.00).

Artikel Narasi. https://belajargiat.id/artikel/#5_Narasi (Diakses pada tanggal 06 Juni 2020 jam 23.00).

Narasi. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Narasi (Diakses pada tanggal 06 Juni 2020 jam 23.00).


[1] Pengertian Artikel, https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-artikel/ (diakses pada tanggal 06 Juni 2020 jam 23.00).

[2] Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah