Artikel Deskripsi: Pengertian, Jenis, Langkah, dan Analisis Contoh

Artikel Deskripsi-Dalam sebuah penulisan ilmiah, deskripsi menjadi hal penting untuk dilakukan. Posisis deksripsi di sini sebagai media pengantar sebuah tulisan. Biasanya penulis menyampaikan deskripsi pada paragraf pertama dan kedua penulisan ilmiah. Namun, di sini pembahasannya lebih dispesifik lagi mengenai tentang artikel deskripsi.

Baca Juga: Cara Mudah Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Penulis Pemula

A. Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

1. Rillan E. Wolseley

Menurut Rillan E. Wolseley, pengertian artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tidak dapat ditentukan, di mana tujuannya untuk menyampaikan gagasan maupun fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik, ataupun menghibur.

2. Sumandiria

Menurut Sumandiria, pengertian artikel adalah suatu karya tulis lepas yang isinya berupa opini tentang masalah yang sifatnya aktual dan biasanya bersifat kontroversial dengan tujuan menghibur, memberitahu, mempengaruhi, dan meyakinkan para pembacanya.

3. Al-‘Aqli

Menurut Al-‘Aqli, artikel adalah karya tulis yang dibuat oleh setiap disiplin ilmu serta masing-masing pembahasan tersebut dikaji dan juga diselesaikan dengan tuntas, jelas, serta lugas sehingga pembaca dapat mengambil inti sarinya.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, arti artikel adalah suatu karya tulis yang dibuat secara lengkap, seperti esai pada majalah atau laporan surat kabar, dan lain sebagainya.

5. Cambridge Dictionary

Menurut Cambridge Dictionary, pengertian artikel adalah sebuah tulisan yang membahas subjek tertentu dan di-publish di berbagai media, seperti; koran, majalah, atau di internet.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel Jurnal Akademisi

B. Pengertian Deskripsi

Deskripsi adalah penggambaran tentang suatu masalah atau kejadian dengan memperhatikan kaidah pengolahan data dan fakta dengan jelas agar pembaca seolah-olah dapat melihat kejadiannya secara langsung.

C. pengertian Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi merupakan artikel berupa karangan yang menggambarkan tentang sesuatu hal kepada pembacanya sehingga pembaca itu seolah-olah dapat merasakan, melihat dan mendengar isi dari deskripsi tersebut. Adapun informasi yang dimuat dalam artikel deskripsi pun merupakan data dan fakta yang jelas dari suatu masalah atau kejadian.

Artikel Deskripsi

D. Tujuan dari Artikel Deskripsi:

1. Memberikan Arahan

Memberikan arahan itu sejenis memberi petunjuk kepada orang lain untuk melakukan suatu pekerjaan dengan benar dan berstruktur, misalnya: langkah-langkah yang perlu diambil ketika hendak melakukan traveling ke candi Borobudur, bagaimana proses administrasi dan layanan jasa yang bisa kita ambil di sana nantinya.

Contoh:

Dari kota asalmu, kamu bisa memilih bus jurusan Yogyakarta atau langsung ke jurusan Magelang yang berhenti di terminal Borobudur. Tidak semua bus jurusan Magelang berhenti di Terminal Borobudur. Biasanya, bus patas hanya berhenti di terminal Magelang kota.

Nah, untuk mencapai terminal Borobudur, kamu bisa mencari angkutan desa dari terminal Tidar Magelang ke terminal Borobudur di jalan Pramudyawardani No.19A, Dusun XV, Borobudur. Adapun jarak Terminal Tidar ke Terminal Borobudur sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit.

2. Menjelaskan Perihal Sesuatu

Itu seperti kita memberikan rincian atau sejenis penjelasan tentang suatu hal yang harus diketahui oleh orang lain, misalnya: penjelasan tentang letak tempat wisata yang ada di Yogyakarta itu di mana aja, terus tepat lokasinya di mana, apa saja wisata yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Contoh:

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

3. Menceritakan Kejadian

Nah pada bagian ini, kita itu diharuskan memberikan gambaran informasi kepada pembaca yang berkaitan dengan fakta dan data yang kita kumpulkan tentang suatu masalah atau kejadian.

Contoh:

Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

4. Meringkas

Dalam hal meringkas yang kita perlukan adalah bagian inti atau gagasan utama, meski begitu jangan sampai menghilangkan data di dalam tulisan yang kita buat.

E. Tahap atau Langkah Menulis Artikel Deskripsi

Bagi sebagian orang menulis artikel itu mudah. Ia tinggal menuangkan apa isi kepalanya dalam sebuah tulisan dan jadilah artikel. Tapi, tak juga dapat dipungkiri sebagian lainnya merasa sulit membuat artikel. Adapun bisa, tapi tidak menarik, bertele-tele dan tidak kaya informasi.

Nah, jika Anda ingin menulis artikel yang menarik, tulislah sesuatu yang kira-kira akan bermanfaat bagi masyarakat, atau tentang fenomena yang sedang dibicarakan masyarakat.

F. Langkah Menulis Artikel Deskripsi

Bagi pemula, ada baiknya simak dulu langkah-langkah membuat artikel yang mungkin bisa membantu Anda berikut ini, yaitu:

1) Tentukan Tema

Tema tulisan Anda harus spesifik. Semakin spesifik semakin menarik minat baca.

2) Tetapkan Tujuan penulisan

Kebanyakan artikel, apalagi dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat.

3) Rumuskan Ide Pokok atau Masalah

Nah, ini bisa menggunakan outline atau kerangka ide pokok perparagrafnya. Misalnya, Anda ingin menerangkan masalah di paragraf pertama, contoh masalah di paragraf kedua, penyebab di paragraf ketiga, dampak di paragraf empat dan solusi di paragraf lima.

4)  Buatlah Kesimpulan

Kesimpulan bikinnya mudah. Anda bisa membuatnya dengan baik bila logika atau alur artikel Anda benar.

G. Contoh Artikel Deskripsi

Tips Memilih Ikan Segar

Ikan merupakan bahan makanan dengan kandungan gizi yang tinggi. Dari anak-anak hingga dewasa sangat disarankan untuk menambahkan ikan di dalam menu makanan. Akan tetapi, kandungan gizi ini bisa jadi tidak dapat didapatkan jika kita salah memilih ikan.

Ikan yang baik dapat dikenali dari beberapa cirinya. Mata ikan segar akan terlihat bening, cembung atau menonjol. Jika ikan masih segar, matanya akan terlihat seperti saat ikan tersebut masih hidup.

Insang ikan segar juga berwarna merah tua dan terang. Jika kita membaui bagian insang ini, maka akan berbau amis segar layaknya ikan segar. Jika ikan tersebut sudah tidak segar maka akan sangat berbau busuk saat dicium.

Ciri lain ikan segar adalah ketika kita menekan dagingnya maka akan terasa keras. Berbeda dengan ikan busuk yang akan sangat lunak dan mudah hancur. Memperhatikan kondisi ikan berarti memperhatikan asupan gizi yang akan dikonsumsi.

H. Analisis Artikel Deskripsi

Analisis artikel deskripsi adalah aktivitas mengurai, membedakan, memilah artikel yang menjelaskan suatu masalah dengan mengemukakan data dan fakta yang kemudian dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya.

Contoh Deskripsi:

Gerobak itu berbentuk kotak persegi memanjang. Dua setengah meteran panjangnya, dengan lebar dan tinggi tak lebih dari satu meter. Ada sebuah roda kecil di masing-masing sisi gerobak, dengan kayu menjulur di keempat sudutnya sebagai sandaran. Keseluruhan sisi gerobak itu berbahan seng yang mulai berkarat. Sisi belakang gerobak itu menjadi pintu keluar masuk, yang terbagi menjadi dua sisi, atas-bawah, yang bisa berfungsi sebagai jendela ketika pintu bawah tertutup  dan pintu atas di buka. Sepasang pegangan kayu yang terjulur kaku seakan menjadi pagar yang menghalangi siapa pun datang ke pintu itu.

Saat membaca paragraf tersebut, kita seperti benar-benar berhadapan dengan gerobak. Meskipun hanya berhadapan dengan rangkaian kata-kata, indra penglihatan kita seakan-akan melihat secara langsung objek yang dideskripsikan tersebut.

Dalam tulisan artikel deskripsi di atas, penulis tidak bermaksud menonjolkan gagasan atau idenya sendiri. Ia hanya ingin menjadi seperti kamera atau pelukis yang berusaha menampilkan gambar secara nyata dan semirip mungkin dengan benda aslinya. 

Baca Juga: Artikel Persuasi: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Analisis

I. Kesimpulan Materi

Jadi kesimpulannya Artikel Deskripsi adalah penggambaran tentang suatu masalah atau kejadian dengan memperhatikan kaidah pengolahan data dan fakta dengan jelas agar pembaca seolah-olah dapat melihat kejadiannya secara langsung.

Tujuan utamanya sebagai media informasi yang bersifat menggambarkan, dengan memperhatikan kaidah serta fakta dan data yang ingin disampaikan kepada pembaca. Yang perlu diketahui adalah dalam langkah penulisan ialah: tentukan tema, rumuskan ide pokok atau masalah, buat kesimpulan, dan analisis artikel.

*Penulis: Akbar Trio Mashuri, Bilqis Asiah, Lutvi Aprilia Mahera, Soza Silpha Abdy Ritonga, Muhammad Rudi dan Tomy Saputra.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Tulisan Baru
Jul 29, 2021, 3:27 PM - Ruang Sekolah
Jul 28, 2021, 9:18 PM - Ine Inayah
Jul 27, 2021, 1:04 AM - Imroatul Khofifah
Jul 25, 2021, 10:12 PM - Ine Inayah