Aplikasi yang Membantu Selama Masa Pandemi

Kecanggihan teknologi turut berkontribusi dalam membantu memerangi virus Covid-19 di masa pandemi saat ini. Beberapa perusahaan juga mulai berinovasi dalam menciptakan produk teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk melawan virus Covid-19.

Produk yang diciptakan pun beragam seperti aplikasi yang mendukung pendidikan dan ada juga aplikasi yang menyediakan media entertainment. Berikut adalah berbagai aplikasi yang dapat kalian gunakan selama masa pandemi ini :

Baca Juga: Aplikasi dan Platfrom Pendukung saat Pandemi Covid-19

1. Zoom

Aplikasi video call dan live conference ini menjadi sangat populer di tengah pandemi Covid-19. Hal ini lantaran platform Zoom dapat memfasilitasi pertemuan secara tak langsung melalui live conference ataupun video call.

Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi di Era Covid-19

Sehingga, bisa menjadi jawaban untuk aktivitas WFH bagi para pekerja. Jadi, tak heran jika Zoom menjadi sangat populer. Bahkan laporan terbaru menyebut Zoom sudah memiliki 200 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

2. Google Classroom

Tak hanya aktivitas bekerja dari rumah, tetapi belajar pun juga dilakukan via daring atau dari rumah. Akibatnya banyak pengguna yang mengakses platform belajar online seperti Google Classroom. Pasalnya, platform ini menawarkan kelas virtual untuk guru beserta anak muridnya.

Selain itu, guru juga bisa memberikan penugasan secara daring kepada murid dan memberikan nilai. Sementara bagi murid, mereka bisa mendapatkan materi belajar dan mengumpulkan tugas di platform ini.

3. WhatsApp

Tak ketinggalan, layanan perpesanan juga menjadi populer ditengah pandemi Covid-19. Terbukti, kini WhatsApp sudah berkolaborasi dengan organisasi kesehatan dunia alias WHO dalam membantu menangani pandemi tersebut melalui bot tersendiri.

Baca Juga: Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop

Selain itu, WhatsApp juga berencana untuk membatasi fitur teruskan pesan dalam platformnya. Adapun kebijakan ini dimaksudkan untuk mencegah beredarnya informasi tak benar alias Hoaks.

Baca Juga: Rahasia Cek Video atau Foto Hoak atau Asli Lewat Fitur Yandex

4. Zenius

Merupakan pioneer dalam aplikasi belajar online, Zenius telah hadir sejak 2004. Dengan harapan menumbuhkan semangat dan lebih banyak keinginan untuk belajar dan eksplorasi. Aplikasi ini menyediakan materi pembelajaran mulai dari SD hingga SMA.

 

Materi dan pembelajaran dibantu oleh tutor lulusan universitas dalam dan luar negeri. Zenius menyediakan berbagai macam materi, mulai dari tryout, simulasi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), bank soal, laporan belajar, video, latihan soal, dan lainnya. Semua materi pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi.

 

 

Fitur unggulan yang ditawarkan Zenius adalah materi pembelajaran IPA, seperti fisika dan matematika. Di sini, siswa bisa lebih dalam mempelajari penurunan rumus dari rumus dasar yang mungkin tidak dibahas di sekolah dan aplikasi lain. Tidak hanya IPA, banyak mata pelajaran lain yang disajikan dengan menarik, seperti sejarah dan geografi. Produk dan program di aplikasi ini tidak hanya untuk para siswa, tapi juga untuk guru dan orang tua.

Baca Juga: 9 Manfaat Aplikasi Baca Buku Ibuk untuk Semua Orang

Dengan mengakses menu Insight, pengguna bisa memilih materi pembelajaran yang diinginkan dengan mudah. Tersedia layanan Zenius Masih Gratis yang diperuntukkan bagi pengguna tanpa harus berlangganan. Program ini yang terdiri dari video materi serta kumpulan soal dan kunci jawaban dari kelas 1 hingga 12.

 

Untuk tahun ajaran baru 2020/2021, Zenius menghadirkan program-program baru untuk materi pelajaran sekolah hingga persiapan ujian, diantaranya Zenius Optima, Zenius Aktiva, dan Zenius Ultima. Zenius Optima dan Zenius Ultima menawarkan kelas live dan interaktif dengan tutor-tutor Zenius. Ketiga program baru tersebut bisa diakses dengan paket premium berbayar.

 

5. Netflix

Netflix merupakan layanan streaming film dan TV series terbesar di dunia. Tak hanya menyediakan film dan serial saja, Netflix juga membuat film dan serial TV sendiri yang ditayangkan secara di platform tersebut.

6. Viu

Jika kamu penggemar serial drama, Viu adalah aplikasi yang direkomendasikan untuk didownload. Viu menyediakan banyak film dan seri drama dari berbagai macam Negara Asia, seperti Korea Selatan, Jepang, China, Thailand, dan juga Indonesia.

Baca Juga: Cara Download Video Youtube tanpa Aplikasi. Ini Panduan Lengkap!

7. Spotify

Selain streaming video, tidak ada salahnya jika kita juga streaming musik favorit untuk menemani kegiatan di rumah, yaitu dengan mendowload Sportify. Sportify fokus untuk membantu penggunanya menemukan musik-musik baru. Koleksi musik Spotify tergolong luas, karena diperbarui setiap minggu. Begitu juga dengan katalog playlist-nya yang menjadi fitur andalan layanan ini.

Beberapa aplikasi di atas menyediakan akses untuk pekerjaan, pendidikan, dan hiburan buat anda.  Dengan begitu diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kemudahan akses kehidupan anda dengan mudah selama masa pandemi.

Sumber:

1. Selular.id,”5 aplikasi popular di play store selama pandemi” (https://selular.id/2020/04/5-aplikasi-populer-di-play-store-selama-pandemi/, Diakses pada  17 agustus 2020)

2. Gprioriry.co.id(Redaksi),”10 aplikasi streaming hits saat pandemi”( https://gpriority.co.id/10-aplikasi-streaming-hits-saat-pandemi-corona/, Diakses pada  17 agustus 2020)

3. Jalanbareng.com (Desi Tri),7 Aplikasi Belajar Online Terbaik Saat Pandemi”( https://www.jalanbareng.com/aplikasi-belajar-online/, Diakses pada  17 agustus 2020)

4. Tekno.kompas.com (Reska K. Nistanto), Deretan Teknologi yang dipakai Melawan Pandemi Covid-19”( https://tekno.kompas.com/read/2020/06/05/20090037/deretan-teknologi-yang-dipakai-melawan-pandemi-covid-19?page=all, Diakses pada  17 agustus 2020)

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis
Tulisan Populer
Feb 19, 2024, 12:11 PM - Ruang Sekolah
Des 5, 2023, 10:45 PM - Ruang Sekolah
Jul 12, 2020, 7:59 PM - Ruang Sekolah
Tulisan Baru
Feb 19, 2024, 12:11 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:09 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:05 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 12:03 PM - Ruang Sekolah
Feb 19, 2024, 11:59 AM - Ruang Sekolah