Amalan-Amalan Bulan Rajab di Tahun 2020

Ruang Sekolah-Kita tahu bahwa Bulan Rajab di tahun 2020 jatuh pada tanggal 25 Februari 2020 menurut perhitungan Falakiyah kalender Hijriah. Tentu di bulan ini sebagai gerbang berlipatnya pahala dalam penyambutan bulan suci Ramadhan. Para Ulama menyebutkan sebagai bulan syahr al-istighfar, yaitu bulan penuh pengampulan dari Allah.

Sebagaimana tradisi keagamaan yang dianut pesantren dan salaf, biasanya para ulama dan kiai akan menyuruh para santri dan masyarakat sekitar untuk berbuasa di Bulan Rajab ini selama 3 hari. Sebab, keutamaannya akan kembali pada diri sendiri dan Allah melipat gandakan pahalanya.

Dilansir dari situs dakwa.id bahwa para ulama sepuh berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW dari dari Utsman bin Hakim al-Anshari radhiyallahu anhu. Ia berkata, aku pernah bertanya kepada Said bin Jubair tentang puasa Rajab, saat itu kami sedang berada di Bulan Rajab. Lalu beliau menjawab, “Aku pernah mendengar Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata,Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa hingga kami menyangka beliau tidak berbuka; dan beliau berbuka hingga kami menyangka beliau tidak berpuasa.”

Adapun amalan-amalan saat melakukan puasa di Bulan Rajab, khususnya di tahun 2020 menurut Habib Muhammad bin Yahya dari Indramayu yang dilansir di laman Nu.or.id di antaranya:

1. Berpuasa Sunan di Bulan Rajab

Sebagaimana hadis Nabi Muhammad, bahwa berpuasa di Bulan Rajab adalah sunnah. Artinya, jika dilakukan mendapatkan pahala, tapi tidak dilakukan juga tidak disiksa. Namun, tidak serta merta kita berpuasa full satu bulan, akan tetapi diberi waktu jeda. Misalnya, tiga hari berpuasa, dan tiga hari berbuka atau setiap satu hari berpuasa dan satu hari buka.

2. Perbanyak Istighfar

Tidak ada manusia yang sempurna kecuali Nabi Muhammad SAW, sebab umatnya tidak akan lepas dari dosa. Dan sebaik-baiknya pendosa, ialah yang bertobat dengan sungguh-sungguh. Maka, di Bulan Rajab ini adalah wadah Maghfirah (pengampunan) Allah pada hamba-hamba-Nya. Oleh karena itu, istighfar menjadi amalan utama untuk mendapatkan pengampulan dari Allah lewat berkah Bulan Rajab.

3. Meningkatkan Sholat

Ada sebagian orang berpuasa tapi enggan melakukan shalat. Maka, puasanya percuma, sebab shalat lebih penting daripada berpuasa, apalagi puasa sunah di Bulan Rajab. Alasannya, di Bulan Rajab diturunnya perintah shalat. Maka, jangan tinggalkan shalat walau keadaan lemah berpuasa.

4. Jauhi Maksiat

Maksiat dapat menimpa manusia lewat beberapa cara di anggota tubuh, misalnya maksiat mata memandang bukan mahram, maksiat tangan lewat bersentuhan bukan mahram, atau berbicara aib orang lain juga termasuk maksiat mulut. Maka dari itu, di Bulan Rajab ini minimal ada pengurangan dari kemaksiatan yang sudah kita anggap kenikmatan. Jadikan nikmat abadi untuk beribada ke Tuhan Semesta Alam.

Lewat penjelasan Habib Muhammad bin Yahya mengenai amalan-amalan di Bulan Rajab di tahun 2020 mengajarkan pada kita semua untuk meningkatkan ketakwaan pada Allah Swt. Semakin tinggi takwa seorang hamba, maka semakin mulia di hadapan Allah dan makhluknya. Oleh karena itu, jadikan Bulan Rajab sebagai gerbang kebaikan dalam penyambutan bulan suci Ramadhan.

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan
Apr 11, 2020, 5:49 PM - Ruang Sekolah
Jun 1, 2020, 10:08 AM - Ruang Sekolah
Feb 1, 2020, 1:53 PM - Sumarni Safaruddin