7 SOFT SKILLS YANG WAJIB KAMU DAPATKAN KETIKA MENJADI MAHASISWA

Salah satu hal yang paling membahagiakan dalam hidup adalah saat kamu berhak untuk menyandang status sebagai Mahasiswa. Pastinya kamu bakal senang bukan kepalang kan? Eitts, tapi rasanya kurang lengkap kalau kamu tidak memiliki 7 soft skills ini selama menjadi mahasiswa.

Mengapa kamu perlu? Pertama, 7 soft skills ini membantu kamu dalam kesuksesan selama menjadi mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Kedua, 7 soft skills ini tidak selalu diajarkan secara langsung oleh Dosen dan kamu perlu mencarinya. Dan yang terakhir, soft skills merupakan modal bagi kamu dalam mendaftarkan diri dalam pekerjaan maupun membuka lapangan pekerjaan secara mandiri. Mau tau lebih lanjut soal 7 soft skills ini? Yuk, kita simak penjelasan berikut.

1. Multi Tasking

Ilustrasi: www.studilmu.com

Kemampuan pertama yang perlu kamu dapatkan yaitu Multi Tasking. Ketika kamu menguasai soft skill ini maka kamu dapat mengerjakan berbagai kegiatan dalam jangka waktu yang sama namun efektif dan maksimal. Mungkin diantara kamu ketika semasa kuliah banyak mengikuti berbagai kegiatan selain perkuliahan di kelas. Kegiatan yang dimaksud seperti aktif dalam organisasi mahasiswa (Ormawa) seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), Himpunan Mahasiswa (HIMA), ataupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Bahkan, tidak jarang teman-teman kamu yang juga bekerja disamping mengikuti perkuliahan dan organisasi.

Namun, ketika kamu mempunyai kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan maupun sering menuruti kemauan banyak orang akan berdampak negatif jika kamu terus-menerus multi tasking. Hasilnya adalah tugas kamu gak beres dan tugas di organisasi atau kegiatan lainnya juga ikut berantakan. Pastinya gak mau kan?

2.Public Speaking


M Atiatul Muqtadir (photo by @fathuurr_)

Rasanya sudah tidak ada orang lagi yang tidak mengenal sosok inspiratif ini. Ya, dia adalah M Atiatul Muqtadir yang akrab disapa dengan Fathur merupakan Ketua BEM KM UGM 2019. Melalui berbagai sepak terjangnya dalam memperjuangkan kepentingan rakyat, banyak komponen masyarakat khususnya generasi milenial yang tergugah oleh penyampaian gagasan/ide yang disampaikan oleh Fatur ini. Fatur adalah contoh pribadi yang menguasai public speaking.

Satu hal yang pasti ketika menjadi mahasiswa adalah kamu akan membutuhkan skill ini. Kehidupan perkuliahan di kelas selain mengerjakan makalah ataupun observasi namun juga terdapat presentasi-presentasi dari tugas mandiri maupun kelompok yang diberikan oleh dosenmu. Sehingga, jika materi presentasimu sudah eye catching kemudian dilengkapi dengan pemaparan materi dari kamu yang keren maka bukan tidak mungkin nilai A akan kamu dapatkan dari Dosen.

3.Team Work (Kerja Sama)


Bekerja sama dalam kelompok (Sumber : mkels.com)

Pada dasarnya manusia selain sebagai individu namun juga sebagai makhluk sosial. Misalnya adalah ketika kita mendapatkan tugas kelompok dari dosen. Agar kita dapat menyelesaikan tugas dengan baik maka perlu adanya kerja sama berupa pembagian tugas dan diskusi dalam kelompok. Tentunya, ketika kamu hanya mengerjakan tugas seorang diri dan menolak untuk bekerja sama maka kamu akan mendapat beberapa kerugian. Kerugian yang didapat berupa hasil tugas yang tidak maksimal, kondisi tubuh dan pikiran yang terlalu dipaksakan, dan dikucilkan oleh kelompok belajar kamu. 

4. Independent


Cerita Mahasiswa Bandung, Hidup Mandiri dengan Driver Ojol (Sumber : news.detik.com)

Soft skills ini berkaitan dengan kemandirian. Ketika menjadi mahasiswa, segala yang kamu putuskan dan kemudian dilakukan akan menjadi tanggung jawab pribadi. Sudah bukan waktunya lagi bagi kamu untuk bergantung terus pada orang tua ataupun teman-temanmu. Contoh kecil adalah pada kemampuan kamu dalam memasak dan mengatur keuangan.

5. Self Management (Manajemen Diri)


10 Tips Cerdas Mengelola Uang Saku untuk Anak Kos (Sumber : mamikos.com)

Mahasiswa terutama yang identik dengan anak kos begitu membutuhkan kemampuan manajemen diri. Mulai dari kemampuan diri untuk mengelola uang yang diberikan oleh orang tua dengan baik sampai pada kemampuan untuk memasak agar dapat menghemat biaya jajan kamu.

6. Time Management (Manajemen Waktu)


Manik Marganahendra, Ketua BEM UI 2019 (Sumber : hot.liputan6.com)

Manajemen diri dan manajemen waktu memiliki keterkaitan satu sama lain tentunya. Ketika kita mampu untuk manajemen diri tentunya akan berdampak positif bagi kita dalam mengatur waktu. Terlebih lagi bagi kamu yang juga mengikuti kegiatan lain di luar perkuliahan seperti BEM, UKM, HIMA, ataupun kerja tentu membutuhkan kemampuan ini. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mendapatkan hasil yang maksimal antara aktivitas perkuliahan dan di luar perkuliahan.

 

7.  Supel


Adamas Belva Syah Devara (photo by @belvadevara)

Bukan hal yang mengherankan jika kamu bakal punya banyak teman yang berbeda daerah denganmu. Justru, adanya perbedaan bahasa, budaya, dan pola pikir mampu menjadikan kita lebih toleran dan menghargai orang lain. Selain itu, ketika kita mampu menyesuaikan diri dan berteman dalam heterogennya teman-teman kita maka relasi baru akan kamu dapatkan pastinya.

Itulah 7 skills yang wajib banget buat kamu yang jadi Mahasiswa, semoga kamu tetap semangat dalam menjalani perkuliahan dan beragam kegiatan lainnya. Sukses yaa..

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Tulisan Populer