7 Langkah Agar Terhindar Rasa Kantuk Saat Sholat Tahajud

Mengatur waktu supaya gampang bertemu di jam-jam sepertiga malam memang sulit dan berat sekali. Tambah lagi jika kamu adalah orang yang super sibuk dan sangat produktif, sehingga seluruh waktu yang kamu punya memiliki arti dan berfaedah.

Pastinya, ada saja yang ingin dikerjakan, tentunya membutuhkan waktu yang sangat cukup untuk beristirahat menenangkan otak, memulihkan pikiran, meregangkan sendi-sendi otot supaya di keesokan hari kembali fresh dan semangat serta siap menyapa dunia untuk menghadapi tantangannya lagi.

Namun di samping itu semua tubuh tidaklah hanya membutuhkan rituall jasmani saja, ritual rohani nya pun perlu dikembang dan tingkatkan lagi, agar seimbang antara bekal dunia dan bekal nanti di akhirat.

Baca Juga: Kisah Al-Qomah, Derita Sakaratul Maut Atas Durhaka pada Ibunya

Maka dari itu untuk melatih pemula agar tidak ngantuk akibat merasa kurang tidur, penulis bagi tips yang perlu di coba!

Pertama, buatlah juga komitmen pada diri sendiri atau lebih bagusnya lagi bersama keluarga.

Agar dalam prosesmu lebih bisa tercapai lantaran mendapatkan dukungan dari keluarga yang saling ikut bangun-membangunkan.

Karena jika hanya sendiri sebagai pemula memang berat dan rasanya malas, meskipun bunyi alarm telah berkumandang tetap saja diabaikan.

Baca Juga: Misteri Karbala: Tradisi Syiah di Hari Asyura dan Muharram

Untuk itu, peran keluarga ikut saling ingat-mengingatkan akan jauh terasa nikmat. Menentukan pukul yang tepat, misal 03.00 am dengan spesifikasi terdapat kurang lebih satu jam sebelum masuk waktu sholat subuh. Selanjutnya setelah mendengar dan dibangunkan secara langsung.

Segeralah duduk dan membuka mata, seperti meditasi yaitu tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan selama tiga kali atau secukupnya. 

Kedua, berdirilah dan coba lakukan gerakan ringan yang serius agar hasilnya maksimal. Supaya mata kamu benar-benar terbuka 100% hilang dari rasa kantuknya, hingga bisa diteruskan dengan berjalan menuju kamar mandi.

Baca Juga: Ngeri! 4 Keadaan Manusia di Padang Mahsyar Setelah Kiamat

Ketiga, Mandi. Wah ini hal yang paling ekstrim jika dilakukan bagi pemula, pasalnya pada jam-jam  tersebut air dalam keadaan dingin akibat sisa embun semalam dan udara yang sejuk terasa sampai menembus kulit.

Apalagi jika di kediamanmu merupakan kawasan perbukitan dengan hawa dan suasana yang dingin akan semakin menambah alasanmu mengapa malas melakukan sholat tahajud.

Oiya sahabat, menurut kesehatan mandi sebelum subuh bisa meningkatkan kecerdasan otak lho, karena dengan gerakan mengguyurkan air ke permukaan tubuh, yang diterima oleh organ tubuh lebih siap dan semangat melakukan aktifitas-aktifitas selanjutnya.

Jika memang kamu gak siap dan gak kuat untuk mandi pada jam tersebut, gantilah dengan kegiatan mencuci muka, tangan dan kaki.

Baca Juga: Mengenal Kepercayaan Masyarakat Jahiliyah Pra-Islam

Keempat, Minum Air Hangat (saran saya). Ketahuilah, banyak sekali khasiat yang akan anda dapatkan jika sering minum-minuman hangat khususnya air mineral.

Contohnya mencegah penuaan dini, membantu menurunkan berat badan, memperbaiki sistem pencernaan,meningkatkan sirkulasi darah dan masih banyak lagi.

Jika memang tidak suka silahkan menggantinya dengan air mineral biasa. Yang penting jangan air dingin atau air dari kulkas ya! Karena organ tubuh anda akan kaget yang ujungnya berakibat pada kram atau nyeri sendi.

Kemudian yang kelima, Makan. Wah kenapa ini kok tipsnya malah makan. Karena ini merupakan tips yang penulis rasakan dan lakukan.

Meskipun sudah mengikuti langkah-langkah sebelumnya namun tetap saja kadang masih mengantuk. Tapi ingat ya! Kamu hanya punya waktu 1 jam untuk melaksanakan langka-langkah ini semua.

Baca Juga: Rahasia Keutamaan Wudhu Selain Syarat Wajib Sholat

Jadi gunakan waktu seefektif mungkin. Agar sholatnya bisa lebih tenang tidak keburu masuk waktu shubuh. Makan di sini dapat diartikan sebagai sahur ya teman-teman, atau ngemil sedikit supaya rongga mulut dan sistem pencernaan bisa gerak seperti olahraga.

Lalu, sehabis makan segera ambil wudhu. Gosok gigi terlebih dulu membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di rongga mulut agar nanti pas sholat tidak terganggu akibat ada makanan yang tersangkut, hehe dan juga agar deru nafasmu segar.

Oiya pada saat wudhu membasuh muka, posisikan mata dalam keadaan terbuka ya, perih sih memang kalo baru pertama. Tetapi hal itu bisa menambah menghilangkan rasa kantukmu loh sahabat.

Baca Juga: Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah

Terakhir, Sholat Tahajud. Wow alhamdulillah, akhirnya sampai juga kegiatan yang ditunggu-tunggu nih. Dalam rakaat tahajud terserah kalian mau sampai berapa kali, yang pasti setiap selesai 2 rakaat harus salam.

Jangan matikan lampu, atau hidupkan lampu yang remang-remang. Sholat tahajud merupakan shalat sunnah yang dianjurkan, bertepatan pada jam-jam sepertiga malam.

Di mana merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Semoga Allah senantiasa meridhoi langkah baik kita. Aamiin

Sekian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba !! Semoga berhasil !

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis
Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton