6 Obat Alami Cara Menyembuhkan Sariawan dalam Semalam, Manjur!

Sariawan atau sering disebut penyakit dalam, adalah luka yang  sebagian besar berlokasi di mulut bagian dalam. Sakit sariawan seringkali tidak nyaman di mulut, pasalnya mulut penuh luka baik di gusi atau lidah yang biasa tempat  sariawan tersebut muncul

Sariawan banyak penyebabnya mulai dari vitamin C sampai  alergi. Penyakit sariawan bisa diobati dengan menggunakan obat dari resep dokter atau pengobatan alternatif, seperti madu sampai buah-buahan segar,  yang  dipercaya mengobati sariawan secara alami. Berikut obat alami sariawan yang dipercaya mengobati sariawan dalam semalam.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mencukupi Asupan Serat Bagi Tubuh

1. Chamomile

Chamomile, sebutan  tanaman yang berbentuk bunga dan  di dalamnya memiliki kandungan antiseptik dan anti radang. Chamomile biasanya dikonsumsi sebagai teh dan dijadikan obat alternatif  penyakit dalam.

Keistimewaan chamomile yaitu pada  cara pembuatannya yang simple tinggal dikeringkan bunga chamomile di bawah sinar matahari. Setelah kering dibuat teh chamomile dengan air panas biarkan beberapa menit baru kemudian.

Cara obati sariawan dengan Chamomillae pun  mudah, yaitu membuat teh chamomile. Bagian bunga  biasa sebagai bahan teh selanjutnya dikeringkan di bawah  panas sinar matahari sampai kering,  kemudian baru dibuat ramuan minuman. Atau bisa juga diseduh dicampur madu.

Baca Juga: Titik Tekan Untuk Mengatasi Perdarahan Luar

2. Pisang

Pisang bisa juga sebagai alternatif obat sariawan. Rasa asam manis pada pisang, karena kandungan vitamin C yang tinggi. Tingginya vitamin C pada pisang dipercaya mampu mengobati sariawan yang caranya pun mudah. Cukup dioleskan ramuan pisang yang dicampuri madu pada bagian yang luka lalu diamkan 10 menit baru kemudian kumur-kumur dengan air sampai bersih dan lakukan secara teratur sariawan segera sembuh. 

3. Lidah Buaya

Lidah buaya  selain dikenal sebagai obat penyubur rambut dan perawatan kulit atau  muka, ternyata dapat juga dimanfaatkan obat alternatif sariawan. Lidah buaya disebut memiliki kaya kandungan vitamin C. Tinggi kandungan vitamin C pada lidah buaya  diyakini  bisa membantu mengurangi dan mengobati sariawan. 

Baca Juga: Masker yang aman untuk mencegah penularan corona

Cara mengobati sariawan dengan lidah buaya pun mudah. Cukup oleskan bagian yang luka dengan getah lidah buaya. Biarkan getah lidah buaya  selama beberapa jam dan ulangi sampai 2-3 kali sehari hingga sariawan sembuh.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa hasil olahan dari kelapa yang memiliki kaya vitamin dan protein efektif hilangkan sariawan. Vitamin c yang tinggi didalamnya diyakini mengobati penyakit dalam pada gusi atau lidah. Cara pengobatannya cukup oleskan minyak kelapa di bagian mulut yang sampai sariawan sembuh.

Baca Juga: 5 Teknologi Untuk Melawan Corona

5. Madu 

Madu biasa digunakan sebagai bahan minuman dan makanan, tetapi perkembangannya madu sudah mulai dimanfaatkan sebagai obat alternatif, sariawan. Sariawan yang mempunyai banyak kandungan  antibakteri pada madu  mempercepat proses pemulihan  dan mencegah munculnya infeksi.Hal ini disebabkan, karena madu memiliki kandungan  anti radang dan anti bakteri .

Cara obati sariawan mudah. Cukup makan 1 sendok madu secara langsung tanpa tambahan lain. Atau cara lain, yaitu oleskan madu secukupnya pada sariawan, kemudian diamkan beberapa menit sariawan segera sembuh

Baca Juga: Masker dan efektivitas dalam pencegahan COVID-19

6. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C 

Vitamin C  yang terdapat pada sayuran dan buah  mampu mengobati sariawan. Cara obati sariawan pun dengan vitamin, yaitu cukup konsumsi buah dan sayuran seperti:  jeruk, strawberry, atau buah semangka, pir, dan mentimun. Aneka buah dan sayuran seperti ini diyakini dapat menenangkan  luka,  dan mempercepat penyembuhan sariawan. Itulah 8 obat alami manjur sembuhkan  sariawan. Obat alami ini berbahan alami. Jika sakit sariawan tidak kunjung sembuh segera konsultasi ke dokter.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Penulis, adalah blogger tinggal di Magelang

Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah