6 Kunci Meraih Kebahagian Dunia dan Akhirat dari Syekh Nawawi Al-Banteni

Kamu dapat menemukan 6 kunci meraih kebahagian dunia dan akhirat dari Syekh Nawawi Al-Banteni dalam artikel ini.

Kunci meraih kebahagian dunia dan akhirat dari Syekh Nawawi Al-Banteni ini akan mengantarkan seorang menjadi manusia yang sempurna.

Syekh Nawawi Al-Banteni, salah satu ulama Nusantara yang sering disebut kharismatik. Ia terkenal alim dan produktif menulis berbagai persoalan agama yang menyebut 100 judul buku membahas beragam kajian Islam.

Tidak hanya dikenal ulama yang produktif menulis  puluhan buku. Syekh Nawawi memiliki pemikiran, pandangan tentang berbagai ilmu pengetahuan  dan kajian Islam. Tidak salah bila akhirnya, Syekh Nawawi sebagai salah satu ulama dan intlektual terkemuka di Timur Tengah. 

Baca Juga: Hukum Tidak Shalat Jumat pada Masa Pandemi, Kafir atau Tidak?

Setiap orang ingin hidup bahagia dunia-akhirat dan berbagai cara dilakukan sebagian orang agar hidup bahagia. Kekayaan harta benda dan hidup kecukupan seringkali menjadi tolak ukur kebahagiaan hidup seseorang.

Kebahagian hidup, rasa perasaan positif hingga menumbuhkan rasa tentram, tenang menjalani hidup. Kebahagian   tidaklah diukur dari sedikit banyaknya  kekayaan harta benda yang dimiliki, karena materi hanya perantara. Kebahagian hidup bisa tercapai bila diri sendiri dekat pada Allah. 

Baca Juga: Pandangan Islam Mengenai Coronavirus (Covid-19)

Berdoa, dzikir hanya, karena  Allah salah satu cara meraih kebahagian hidup dunia-akhirat. Selain berdoa, ada amalan lain yang bisa dilakukan setiap Muslim agar kelak merasakan kebahagian dunia akhirat. Berkaitan dengan hal tersebut di atas berikut ini 6 Kunci Meraih Kebahagian Dunia dan Akhirat dari Syekh Nawawi Al-Banteni dalam kitab Nasha'ihul'Ibad*):

Pertama, beribadah dekat kepada Allah dengan  berdzlkir ucapkan  kalimat Thayibah Laaillaha illallah Muhammadur Rasullah setiap saat. Berdzikirenjadi cara sederhana  beribadah mendekatkan diri pada Allah. Amal kebajikan yang bisa  menyelamatkan dari dunia akhirat, yaitu dzikir.Peran Teknologi dalam Strategi Dakwah Islam.

Baca Juga: Peran Teknologi dalam Strategi Dakwah Islam

Kedua, mengucapkan alhamdulilahi rabbil alamin. Cara ini juga salah salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah. Rasa syukur penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar lebih dengan Allah. Ketiga Ambillah harta duniawi secukupnya sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup. Lewat cara ini kebahagian hidup lambat laun akan  tercapai. Berlebihan mengambil harta duniawi membuatnya tidak bersyukur.

Keempat, beramallah meraih surga dengan selalu mengucapkan istifgfar ketika berbuat dosa. Istighfar salah satu amalan yang bisa menghantarkan meraih surga. Berbuat salah terjerumus melakukan dosa  dengan menyadari kesalahannya beristighfar mengucap:'Astaghfirullah Al-Adziim Wa Atuubu ilaih"

Baca Juga: Penyakit Hati yang Memusnahkan Seluruh Amal Shalih

Kelima, Mengucapkan Basmalah tiap memulai pekerjaan. Niat mengawali  suatu pekerjaan maupun perbuatan baik menurut Syekh Nawawi hendaknya membaca bismillahirrahmanirrahim. KeenamMengucapkan Hamdulilah Ketika kenikmatan. Alhamdulilahi Raabil 'alamin, adalah cara sederhana ucapkan dan juga bentuk stukur.

Baca Juga: Panduan Pembayaran Zakat Fittrah

Keenam, Mengucapkan Innalillahi Wa Innaailaihi Raajiuun. Zikir ini sebagai bentuk rasa duka atas musibah yang telah terjadi. Ucapkan Innalillahi Wa Innaailaihi Raajiuun dengan ikhlas membuat hati tenang dan damai.

Selain itu, menurut Syekh Nawawi ada cara lain supaya bisa selamat  dan menggapai kebahagian di dunia, yaitu: istiqomah dalam beribadah kepada Allah. Atau dengan kata lain agar hidup bahagia di dunia ikhlas beribadah kepada Allah. Rasa ikhlas beribadah membuat hidup bahagia. Itulah  tips Syekh Nawawi Al-Bantani tentang Meraih Kebahagian dunia  yang bisa menambah semangat beribadah kepada Allah

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Penulis, adalah blogger tinggal di Magelang

Tulisan Populer