6 Cara Mencari Inspirasi Menulis Artikel

Inspirasi bagi seorang penulis, adalah: sesuatu hal penting, dan inspirasi ini harus dimiliki seorang penulis agar hasil tulisannya tidak membosankan dan menarik. Dari inspirasi seorang penulis bisa melahirkan tulisan fenomenal, bahkan bisa juga muncul karya-karya buku best seller. Bagi penulis berpengalaman inspirasi mudah dicari, tetapi bagi penulis pemula seringkali mengalami kehabisan ide, atau inspirasi untuk menulis sebuah artikel.

Kejadian seperti ini menjadi dilema bagi sebagian besar penulis pemula. Mencari Inspirasi untuk menulis bagi penulis wajib dimiliki, karena tanpa inspirasi tidak akan menghasilkan tulisan berkualitas, unik, menarik, dan yang bisa menginspirasi.

Banyak cara dilakukan penulis agar bisa aktivitas menulis setiap harinya. Tak jarang ditemukan sebagian penulis seringkali melakukan semacam ritual tertentu tidak lain supaya inspirasi itu segera muncul.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel untuk Pemula

Namun, ada sebagian orang sebelum mulai melakukan kegiatan menulis mempersiapkan beberapa hal yang harus Ia lakukan, bisa jadi semacam ritual.

Ritual yang dilakukan oleh sebagian penulis agar, tidak ada hambatan dalam membuat artikel. Atau dengan ritual-ritual lain yang penting bisa mendatangkan inspirasi. Berbagai macam cara tidak juga inspirasi tersebut muncul.

Inspirasi datang darimana saja, kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal waktu dan tempat. Terkadang pula inspirasi itu datang secara tiba-tiba disaat sedang tidak memikirkannya, seperti: saat santai, nonton tv, dan aktivitas lain.

Baca Juga: Cara Riset Data Artikel dan Analisis Data dengan Akurat

Namun, menariknya terkadang inspirasi tidak datang, dan muncul disaat dibutuhkan. Ketika akan memulai rutinitas kegiatan menulis pun inspirasi yang dicari tidak segera datang menyapa, tentu hal ini menjadi dilema. Sejumlah cara dilakukan sebagian orang agar inspirasi itu datang. salah satunya dengan cara pergi ke tempat favorit:

1. Warung Kopi

Mencari inspirasi dalam kegiatan menulis menjadi acara mengasyikan. Sambil ditemani secangkir teh atau kopi manis di tempat favorit seperti warung kopi. Mengapa memilih warung kopi?, karena di tempat ini tempat favorit untuk melepas lelah, sambil melakukan kegiatan apa saja yang Kamu inginkan mulai dari minum kopi,ngobrol, foto, wisata hingga bersantai. Dari tempat ini siapa tahu bisa menemukan inspirasi yang menarik untuk dijadikan tulisan .

2. Mengunjungi Website Milik Orang lain

Cara lain yang sederhana mencari inspirasi dalam menulis adalah dengan mengunjungi blog atau website milik orang lain. Cara ini bisa memberi inspirasi dalam mencari ide tulisan yang ingin ditulis.

Dengan sering-sering kunjungi website atau blog milik orang lain dan membaca tulisan-tulisan di dalamnya, menjadikan pengetahuan semakin bertambah.

Baca Juga: Artikel Non Ilmiah: Pengertian, Perbedaan, Ciri dan Contoh

Atau dengan membaca berita-berita terkini yang sedang trending topik bahkan marak saat ini di media online. Dari cara ini bisa menjadi inspirasi untuk menulis artikel dan juga membuat wawasan semakin luas.

3. Pengalaman

Kualitas konten yang terbaik dan disukai search google, yaitu pengalaman Anda sendiri. Dari berdasar pengalaman dan opini akan muncul konten yang unik,kreatif dan berkualitas. Setiap orang memiliki pengalaman masing-masing yang unik, berkesan, dan memiliki sesuatu untuk dibagikan apapun itu.

4. Rileks

Ketika inspirasi belum juga datang, tidak perlu dipaksa untuk menulis. Bersabarlah,semua membutuhkan waktu, karena inspirasi itu tidak akan hadir dalam   tidak datang dengan sengaja. Ide dicari secara paksa membuat,ide tidak akan pernah datang.

Baca Juga: Artikel Narasi: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Analisis

Ide tak perlu dipaksa dan bisa jadi malah membuat mood untuk menulis semakin menurun, akibat memaksakan diri melakukan kegiatan menulis. Sikapi dengan bijak dan lebih baik tidak menulis apapun, daripada memaksa diri menulis kualitas hasil tulisannya tidak menarik.

5. Tabungan ide

Tabungan ide penting dimiliki seorang blogger, karena lewat tabungan ide inspirasi bisa mudah ditemukan.Tabungan ide merupakan kumpulan ide atau gagasan yang dibuat dalam sebuah catatan,yang biasanya disimpan dalam buku catatan.

Baca Juga: Cara Membuat Cerita Inspiratif yang Berispirasi dan Menggugah Pembaca

Dari tabungan ide ini pula bisa menjadi penyelamat Anda disaat kehabisan ide. Hal ini tentu menjadi bahan inspirasi ketika menulis artikel,  setidaknya sebagai cara yang mudah untuk mendapatkan inspirasi menulis artikel

6. Membaca Buku dan Majalah

Bacaan,salah satu sumber inspirasi yang luar biasa baik buku maupun majalah. Buku merupakan jendela ilmu pengetahuan yang bisa memberi sejuta inspirasi.Tulisan dan analisis dari pengarang bisa menjadi sumber inspirasi, dan juga sebagai bahan evaluasi dari gaya bahasa yang dimiliki sehingga nantinya bisa memperbaiki gaya tulisan yang lebih baik. Itulah 6 cara mencari inspirasi menulis artikel yang bisa menginspirasi.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Penulis, adalah blogger tinggal di Magelang

Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton