5 Tips Mudah Mencukupi Asupan Serat Bagi Tubuh

Serat penting dalam  pencernaan. Tanpa serat yang cukup, bakteri dalam pencernaan bisa berkurang. Dampak berkurangnya bakteri dalam usus beresiko obesitas. Penyakit yang lain juga bermunculan, akibat bakteri dalam usus berkurang mulai penyakit kanker,stroke hingga penyakit jantung.

Setiap orang dewasa setidaknya rata-rata harus konsumsi serat  sekitar 30% gram sehari. Atau jumlah serat yang  ideal bagi tubuh setidaknya untuk   wanita sebanyak  2000 kalori per hari. Pria rata-rata membutuhkan sebanyak 2500 kalori   per hari.

Namun,   kenyataannya banyak ditemukan sebagian  orang dewasa hanya mengkonsumsi 60% asupan serat harian dari yang rekomendasikan. Fakta ini menunjukan masih ada sebagian orang yang belum memahami pentingnya  mengkonsumsi makanan berserat.

Baca Juga: Titik Tekan Untuk Mengatasi Perdarahan Luar

Konsumsi makanan  berserat  tinggi  memang berdampak bagi penderita gangguan usus. Teratur  mengkonsumsi serat dalam jumlah  cukup  dapat merasakan sederet manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Konsumsi makanan berserat dengan jumlah yang cukup  juga diyakini dapat  menurunkan berat badan dan berat badan menjadi stabil.

Tidak hanya menurunkan berat badan. Serat dipercaya mempermudah pekerjaan organ pencernaan,   hingga mengikat kolesterol lemak di dalam tubuh. Konsumsi serat secara teratur, dan cukup dapat membantu menjaga sistem pencernaan dalam kondisi sehat, dan stabil.

Hal sering menjadi pertanyaan oleh sebagian orang bagaimana cara terbaik mendapatkan asupan serat yang cukup. Ada beberapa tips untuk memenuhi asupan serat harian. Berikut  5 cara   mudah mencukupi asupan serat bagi tubuh :

1. Mengkonsumsi sayuran  dan buah 

Cara mudah mencukupi asupan serat bagi tubuh  dengan cara mengkonsumsi  sayuran dalam jumlah memadai. Sayuran wortel, bayam dipercaya kaya akan  vitamin , mineral dan serat. Sayuran yang lain  memiliki serat tinggi mulai dari sayuran  kangkung, buncis,  hingga brokoli.

Sejumlah sayuran, seperti:  kangkung, hingga brokoli diyakini bisa mencukupi serat pada tubuh. Cara mudah  mengkonsumsi sayuran segar untuk mencukupi asupan serat bagi tubuh bisa dibuat masakan  sayur atau salad. 

Baca Juga: Masker yang aman untuk mencegah penularan corona

Selain sayuran penting bagi tubuh. Buah juga penting untuk mencukupi asupan serat bagi tubuh. Buah-buahan segar  yang memiliki serat yang tinggi salah satunya buah alpukat memiliki serat sebesar 6,7 gram.

Selanjutnya buah apel ukuran sedang terdapat serat 4,4 gram. Konsumsi buah -buahan  setidaknya  sehari konsumsi buah-buahan 2-5 buah. Konsumsi buah keadaan utuh berupa potongan buah tidak dalam bentuk jus.

Jumlah buah tersebut sudah memberi pengaruh pada kesehatan. Kondisi tubuh seseorang ditentukan jumlah buah yang dikonsumsi sehari-hari. Buah kaya kandungan nutrisi mulai dari vitamin, mineral hingga kandungan serat.

Kandungan gula tinggi dalam buah selalu dikhawatirkan sebagian orang berdampak pada penyakit kronis seperti diabetes. Sebuah studi menyatakan rasa manis pada buah hanya memiliki pengaruh sedikit pada kadar gula dalam darah.

2. Mengkonsumsi gandum

Gandum,  adalah: sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian. Jika tubuhmu kurang serat, cobalah konsumsi gandum untuk mencukupi serat dalam tubuhmu. Gandum   memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Tidak salah sebagian orang mengkonsumsi gandum sebagai  pengganti nasi .

Gandum kandungan lemaknya   rendah,  dan baik untuk kesehatan. Tidak sekedar membuat perut   kenyang, namun  tubuh  menjadi sehat. Tepung gandum bisa diolah berbagai produk makanan. Aneka makanan terbuat dari gandum mulai roti,sereal hingga mie.

Baca Juga: 5 Teknologi Untuk Melawan Corona

Gandum kaya vitamin A, C, E, I, K , B komplek dan serat. Gandum   juga dikenal sebagai sumber karbohidrat vitamin, mineral yang kompleks. Mengkonsumsi gandum mendapatkan banyak manfaat. Gandum bisa   melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung hingga menurunkan berat badan.

3. Mencukupi asupan cairan 

Cairan begitu penting bagi tubuh, dan mengkonsumsi cairan yang banyak bisa membuat serat tercukupi. Kurang minum membuat  tubuh tidak akan mendapatkan manfaat dari serat. Cairan bisa  diperoleh dari sereal. Sereal memiliki serat tinggi sekitar 10 gram 

Selain air, dan sereal untuk cukupi cairan dan serat pada tubuh.  Cara lain mengkonsumsi sayuran mentimun,  dan lobak yang banyak kandungan air dan serat 96% air. Sayuran lain seperti tomat 94% air, hingga bayam 92% air

4. Makan snack yang mengandung kedelai

Kacang kedelai diyakini memiliki kandungan serat yang tinggi. Kacang kedelai salah satu makanan rendah lemak yang kaya protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor,vitamin C, hingga folat.

Baca Juga: Masker dan efektivitas dalam pencegahan COVID-19

Kacang kedelai kaya manfaat,  seperti:membantu menjaga kadar gula darah, kolesterol. Kacang kedelai diyakini dapat meningkatkan sistem pencernaan menjadi sehat dan membuat cepat kenyang setelah mengkonsumsinya. Cara lain mengkonsumsi kacang kedelai,  dengan makan makanan ringan dari kacang kedelai 

5. Mengkomsumsi nasi merah

Beras meras memiliki kandungan serat yang tinggi dibanding nasi putih. Beras merah salah satu jenis beras yang bernutrisi, karena proses produksinya tanpa pembuangan kulit. Beras merah mengandung 218 kalori,4,5 gram protein,1,8 gram lemak ,3,5 gram serat, dan 45,8 gram karbohidrat.

Baca Juga: Rambut Uban di Usia Muda, Beginilah Cara Mencegahnya

Beras merah diyakini memiliki kandungan serat, polifenol, dan phytic acid  lebih tinggi pada beras merah. Mengkonsumsi beras merah tidak hanya dapat mencukupi asupan serat bagi tubuh. Beras merah diyakini dapat menghindari tubuh dari berbagai penyakit mulai dari diabetes, gagal jantung hingga dapat memelihara sistem pencernaan.

6. Mengkonsumsi kentang beserta kulitnya

Kentang memiliki kandungan pati, dan serat yang menjadi makanan bagi bakteri di usus. Cara terbaik  memperoleh serat dengan mengkonsumsi rebusan kentang beserta kulitnya, karena kandungan serat pada kentang terdapat pada bagian kulit. Itulah 6 tips  mudah mencukupi  asupan serat bagi  tubuh. Mengkonsumsi serat dalam jumlah yang tepat tidak berlebihan.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Penulis, adalah blogger tinggal di Magelang

Tulisan Baru
Agt 28, 2021, 8:15 PM - Ruang Sekolah
Agt 27, 2021, 11:00 PM - Pohon Jalang
Agt 27, 2021, 10:59 PM - karduskarton