5 Panduan Cara Membayar Zakat Fitrah di Bukalapak

Cara Membayar Zakat Fitrah di Bukalapak, Salah satu platfrom belanja terbesar di Indonesia Bukalapak menyajikan fitur pembayaran zakat online dari aplikasi atau website untuk mempermudah semua orang memenuhi kewajibannya tanpa keluar rumah di situasi pendemi covid-19 ini. 

Baca Juga: Aplikasi Shophee, Luncurkan Fitur ShopeePay Zakat Fitrah

Di sini saya akan memberikan 5 Panduan Cara Membayar Zakat Fitrah di Bukalapak yang harus kamu tahu sebagai seorang mulim melenial, yaitu:

1. Niat Melakukan Zakat

Langkah yang paling utama adalah niat untuk melakukan perbuatan. Sebab, perbuatan didahului oleh niat, maka perbuatan tersebut berkah atau memperoleh manfaat. Sama halnya membayar zakat fitrah di Bukalapak, maka sebelum membukan platfrom Bukalapak, harus didahului niat bahwa ia ingin berzakat fitrah.

2. Hitung Zakat yang Harus Dikeluarkan

Menghitung penghasilan secara tepat adalah langkah yang bijak sebagai muslim melakukan membayar zakat fitrah di Bukalapak. Biasanya kamu perlu menghitung jumlah zakat dengan jumlah tagihan atau hutang yang harus dibayar setiap bulannya. Ada juga yang mengatakan, zakat penghasilan didasarkan pada penghasilan bruto, artinya tidak perlu dikurangi hutang. Namun, jika kamu khawatir bisa menghitung dengan kalkulator zakat yang sudah disediakan beberapa platfrom zakat. 

3. Pilih Penyalur atau Lembaga Amil Zakat

Pertanyaannya, siapa yang akan menyalurkan membayar zakat fitrah di Bukalapak nantinya? Nah, untuk menjawab itu, aplikasi Bukalapak bekerja sama dengan beberapa lembaga amil zakat yang sudah terverifikasi sebagai pengelola resmi, di antaranya: Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, NU Care-Lazisnu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Rumah Yatim.

Saat ini kamu bisa memanfaatkan platfrom Bukalapak untuk menyalurkan zakat fitrah sesuai dengan selera lembaga amil yang kamu inginkan.

4. Niat dan Lakukan Proses Pembayaran

Langkah selanjutnya adalah berniat dan melakukan proses pembayaran zakat fitrah di Bukalapak. Adapun metode pembayarannya dengan nontunai atau transfer uang kepada badan amil zakat di Bukalapak. Sebelum melakukan transaksi pembayaran zakat fitrah di Bukalapak, kamu akan diminta untuk menulis email dan nomor handphone untuk menerima informasi update proses pembayaran zakatmu. Namun, apabila ingin identitasmu tidak diketahui atau takut riya’, kamu bisa mencentang pilihan anonim pada saat memasukkan nominal pembayaran zakat yang hendak dibayarkan. Dengan ini zakatmu disampaikan kepada penerima tanpa tanama, atau hamba Allah.

5. Lakukan Pembayaran

Pembayaran zakat fitrah di Bukalapak karena berbentuk sistem digital, maka dilakukan dengan metode pembayaran transfer uang lewat bank yang telah disediakan platfrom. Dalam hal ini, kamu tidak bisa memilih metode melalui kartu kredit atau cicilan.

Adapun metode pembayaran bisa dilakukan melalui ATM Transfer, m-banking, internet banking, virtual account dan pembayaran melalui minimarket. Dana yang telah kamu salurkan akan disalurkan kepada badan amil zakat yang telah kamu pilih dan dipercaya sebagai penyaluran zakat. Maka, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengeluarkan zakat fitrah dan memenuhi kewajiban sebagai seorang muslim atau muslimah. 

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Populer
Mei 14, 2020, 4:39 PM - Aswan
Apr 11, 2020, 5:49 PM - Ruang Sekolah
Jun 1, 2020, 10:08 AM - Ruang Sekolah
Feb 1, 2020, 1:53 PM - Sumarni Safaruddin