4 hal yang tak boleh kamu lewatkan pada Ramadhanmu meski #dirumahaja

Bulan puasa  adalah bulan penuh berkah. Artinya,  segala amal kebaikan bernilai pahala. Hal ini berdasar pada dalil hadis Nabi Rasulullah SAW yang artinya: “Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian." (HR. Ahmad. An-Nasa’I dan Al-Baihaqi).

Tapi,  Ramadhan tahun ini terasa sangat berbeda dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang menyebar secara masif.  Hal ini juga diperparah lagi dengan peraturan pemerintah yang mengeluarkan aturan terkait dengan ibadah selama Ramadhan 2020. Aturan tersebut tertuang dalam surat edaran Kementrian Agama (Kemenag) Nomor 6 Tahun 2020 tentang panduan Ibadah Ramadhan 2020 dan Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi Covid 19. Yang menyebabkan tradisi-tradisi berpahala dibulan Ramadhan seperti shalat tarawih berjamaah di masjid, ngabuburit on the road, bukber, harus ditiadakan.

Tapi tenang aja guys walau demikian di sini kami akan memamparkan hal yang dapat kamu lakukan untuk meraup manfaat Ramadhan meski di rumah aja.

1. Shalat Tarawih 

Meski tidak diperbolehkan shalat tarawih berjamaah di masjid tapi kita masih bisa meraih manfaat tarawih berjamaah loh dengan shalat tarawih di rumah karena sayang banget shalat yang hanya ada sekali setahun kita sia-siain begitu saja karena banyak keutamaanya.

“Barangsiapa mendirikan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Hadits Muttafaq alaih).

“Sungguh, Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan Allah puasanya dan kusunnahkan shalat malamnya. Maka barang siapa menjalankan puasa dan shalat malam pada bulan itu karena iman dan mengharap pahala, niscaya bebas dari dosa-dosa seperti saat ketika dilahirkan ibunya.” (HR. Abu Hurairah)

2. Sedekah

Karena adanya Covid-19 banyak orang-orang mengalami kesulitan ekonomi karena adanya social distancing membatasi gerak  para pekerja untuk mencari nafkah. Nah, di sinilah peran kita orang yang bercukupan untuk membantu orang yang kurang mampu apalagi sekarang kita telah dipermudah dengan banyaknya donasi online yang tersedia yang dapat memudahkan kita untuk bersedekah, apalagi sedekah dapat menambah harta sebagaimana tertera dalam hadis: 

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibaan baginya." (HR. Muslim. No. 2588).

3. Membaca Al- Quran

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, sebab bulan ini menjadi awal dari turunnya kitab suci umat Islam, yaitu Al-Quran. Adapun manfaat dari membaca Al-Quran sebagaimana termaktup dalam hadis yang diriwayatkan oleh Iman At-Tarmidzi dalam hadis Rasulullah SAW, dengan membaca satu huruf Al-Quran, maka Allah SWT akan melipatgandakan pahala kita 10 kebajikan

4. Manfaatkan  Ponsel

Daripada buka sosmed, ngegibah, main game, atau rebahan membuang-buang waktumu lebih baik gunakan ponselmu dengan kegiatan- kegiatan yang bermanfaat seperti menonton kajian online, seminar, ikut event- event Ramadhan online yang banyak tersedia pada saat ini. Selain dapat menambah pengetahuan  juga tentu saja bisa menambah pahalamu di bulan suci ini.

Nah itulah tadi 4 hal yang tak boleh kamu lewatkan di bulan suci ini. Manan nih yang telah kamu lalukan?

Penulis: Siti Rahmah

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Mei 22, 2020, 3:58 PM - Annisatul Latifah
Mei 14, 2020, 9:13 PM - Amanda Christiane Utama
Mei 14, 2020, 4:32 PM - Amanda Christiane Utama
Penulis
Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah