3 Hal yang Harus Dilakukan saat Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci bagi umat Islam. Bulan indah yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Di bulan yang suci ini pintu Surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Tetapi pada tahun ini umat Islam sangat bersedih karena saat bulan Ramadhan tiba ada wabah penyakit yang membahayakan, yaitu Covid-19 atau corona virus. 

Tetapi bagi kita itu tidak menjadi penghalang untuk kita tetap beribadah kepada Allah, karena hanya kepada Allah lah tempat kita berserah diri, memohon pertolongan, dan berlindung.

Ada banyak kegiatan di bulan suci Ramadhan ini yaitu,

1. Puasa

 Puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu, makan minum, nafsu, dan lain sebagainya. Puasa di bulan Ramadhan dilakukan kurang lebih 30 hari. Sebelum berpuasa kita tentu melakukan sahur, dimulai dari jam setengah tiga sampai sebelum imsak. Ada pun niat sahur yaitu: "Nawaitu somaghodil annadail fahdisyahri romadona hadihissanati fardho lilahitaala."

Setelah itu kita menahan puasa sampai azan magrib. Kemudian, berbuka dengan membaca doa berbuka puasa yaitu, "allahumma lakasumtu wabika amantu waala rizkqika aftortu birohmatika yaarhamarohimin. Amin."

Lalu kita utamakan minum air putih terlebih dahulu sebelum makan.

2.Tarawih

Shalat tarawih adalah sholat sunah yang dilakukan hanya dibulan Ramadhan saja. Shalat ini dilakukan setelah sholat isya dan di akhiri dengan sholat witir. Jumlah rokaatnya ada 20 untuk sholat terawih dan sholat witir 3 rakaat. 

Setelah shalat tarawih biasanya tadarus al-Qur'an secara bersama -sama, tetapi sekarang karena adanya wabah covid-19 maka shalat tarawih dan tadarusan pun diberi jarak antara satu dan yang lainnya.

3. Adanya Malam Lailatul Qadar

Malam ini hanya ada di bulan Ramadhan saja. Malam ini lebih baik dari seribu malam dan merupakan malam diturunkannya kitab suci al-Qur'an.

Malam lailatul qadar ada pada sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadhan. Ada juga tanda-tandanya yaitu, matahari cerah tetapi tidak panas, udara dan suasananya pun tenang. 

Pada malam ini umat Islam sangat dianjurkan untuk senantiasa berzikir, membaca al-Qur'an, bersholawat, dan berdoa.

Adapun manfaat kita menjalankan ibadah-ibadah di bulan suci Ramadhan.

a.) Allah akan mengabulkan doa kita.

b.) Allah akan mengampuni dosa kita.

c.) Senantiasa mendekatkan diri kepada allah.

d.) Menjadi manusia yang beriman dan bertakwa.

Marilah kita memanfaatkan bulan suci Ramadhan ini dengan hal-hal yang baik untuk mendapatkan ridha Allah dan semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan meninggikan derajat kita.

Amin allahuma Amin.

Penulis: Nanik Porwanti

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Penulis

Admin Ruang Sekolah

Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah