10 Adab Pelajar Dalam Menuntut Ilmu Agama atau Ilmu Umum, Nomor 8 Jarang Siswa Tahu

Berikut ini 10 adab pelajar dalam menuntut ilmu agama atau ilmu umum yang wajib dilakukan oleh siswa.

Adab pelajar dalam menuntut ilmu agama atau ilmu umum bisa kamu praktekkan dalam kehidupan sehari hari.

Selain itu, ada beberapa hal yang sering kali dilupakan seorang siswa dalam materi adab pelajar dalam menuntut ilmu agama atau ilmu umum.

Baca Juga: Di Balik Syair Suci, Tersirat Motivasi yang Harus Kamu Tahu

Ternyata pelajar tak hanya dituntut untuk memiliki adab terhadap guru, namun harus ada adab untuk dirinya sendiri.

Dalam menuntut ilmu, seorang pelajar tak hanya dituntut untuk memiliki adab terhadap guru seperti menghormati, menghargai dan memulyakan guru.

Namun, sudah seharusnya ia juga memiliki adab untuk diri sendiri dan harus diterapkan oleh dirinya sendiri ketika menuntut ilmu, agar supaya ia mendapatkan ilmu yang barokah dan manfaat dalam menuntut ilmu.

Baca Juga: Cara Cepat Menghafal Al Quran Selama 2 Bulan

Berikut beberapa adab pelajar dalam menuntut ilmu agama atau ilmu umum yang harus diterapkan ketika menuntut ilmu:

1. Membersihkan Hati

Sebelum memulai menuntut ilmu, peserta didik harus membersihkan hatinya dahulu dari penyakit hati seperti kebohongan, prasangka buruk, iri, dan sifat-sifat hati yang buruk lainnya.

Karena, salah satu tujuan seorang pelajar membersihkan diri dari penyakit hati adalah untuk menyiapkan dirinya dalam menerima, menghafalkan dan memahami materi yang ada ketika menuntut ilmu.

2. Niat

Dalam menuntut ilmu, seorang pelajar harus memulai dengan niat. Utamanya yakni, niat mencari ilmu demi mengharapkan ridho Allah, menghilangkan kebodohan, mendekatkan diri pada Allah.

Seorang pelajar tidak dianjurkan menuntut ilmu dengan niatan agar mendapatkan kesenangan duniawi seperti pujian dari orang lain, mendapatkan pangkat/jabatan, kekayaan dll.

3. Rela, Sabar Dan Qonaah

Dalam masa pencarian ilmu, seorang pelajar harus rela, sabar dan Qonaah atas apapun yang ia punya dan apapun yang ada pada dirinya seperti, pakaiannya, makanannya, sepatunya dll.

Baca Juga: Etika Santri Terhadap Guru Menurut KH. Hasyim Asy'ari

Sikap ini harus ditanamkan oleh pelajar pada dirinya sendiri. Karena, dengan begitu ia akan sukses mengarungi samudra keilmuan, mampu menata dan mendapatkan ketenangan hati dan pikiran serta mendapatkan hikmah yang luar biasa.

5. Dapat membagi dan memanfaatkan waktu dengan baik dan benar.

Seorang pelajar harus bisa membagi dan memanfaatkan waktu dengan baik dan benar. Menggunakan atau mengerjakan sesuatu sesuai dengan waktunya.

Waktunya belajar ya digunakan belajar, waktunya ibadah ya digunakan ibadah dsb. Karena waktu itu sangat berharga, jika kita tidak menggunakannya untuk sesuatu yang tidak manfaat, maka waktu itu akan menjadi sia-sia.

6. Tidak berlebihan dalam makan dan minum.

Ketika hendak menuntut ilmu, pelajar dianjurkan untuk tidak berlebihan atau terlalu kenyang dalam makan dan minum. Karena, salah satu akibatnya yaitu dapat menyebabkan seseorang mudah mengantuk.

Baca Juga: 3 Sebab Penyesalan Santri Usai Meninggalkan Pesantren

Jika seorang pelajar mengantuk, maka ia tidak akan fokus dalam menerima materi ketika menuntut ilmu.

7. Bersikap wara' (Berhati-hati) dalam setiap tindakan

Maksudnya, seorang pelajar dianjurkan untuk sangat berhati-hati Dalam memperoleh sesuatu, misalnya harus berhati-hati dengan sesuatu yang dikonsumsinya baik makanan atau minuman, hendaknya ia juga memperhatikan halal haramnya.

Hal itu harus benar-benar diperhatikan oleh pelajar, agar supaya hatinya senantiasa selalu terang dalam menerima pengetahuan dan ia juga dapat memperoleh ilmu yang manfaat dan barokah.

8. Menjauhi Jenis makanan yang menyebabkan akal seseorang menjadi tumpul (bodoh)

Seorang pelajar juga harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, harus menjauhi makanan yang dapat menyebabkan akal tumpul, seperti apel yang rasanya asam, aneka kacang-kacangan, air cuka dll.

Baca Juga: 7 Langkah Agar Terhindar Rasa Kantuk Saat Sholat Tahajud

9. Tidak terlalu lama tidur

Seorang pelajar tidak diperbolehkan untuk terlalu banyak menggunakan waktunya untuk tidur, karena dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah medis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan meningkatkan risiko kematian.

10. Menjauhkan diri dari pergaulan yang tidak baik

Sebaiknya seorang pelajar menjaga pergaulannya. Ia harus bisa bergaul dengan golongan orang-orang yang baik, yang suka belajar, rajin dsb.

Karena, ada kata pepatah "Orang kalau bergaul dengan penjual minyak wangi, pasti dia juga ketularan bau wangi". Begitu juga dengan pelajar, ia kalau bergaul dengan orang yang baik akhlaknya, rajin, dsb, maka ia juga senantiasa ikut baik.

Itulah beberapa etika atau adab yang harus diterapkan oleh pelajar pada dirinya sendiri, agar senantiasa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barokah.

Rasulullah bersabda:

من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له طريقا إلى الجنة .

"Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalan menuju surga".

Itulah 10 adab pelajar dalam menuntut ilmu agama atau ilmu umum yang wajib dilakukan oleh siswa.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Related Articles
Penulis
Tulisan Baru
Okt 17, 2021, 11:12 PM - Della putri utami
Okt 17, 2021, 11:03 PM - Andi Anis Magfiroh
Okt 8, 2021, 12:01 AM - Regita Putri Cahyani
Okt 7, 2021, 11:55 PM - Ilham Saifullah